Manfaat Penting Tidur Untuk Kesehatan

Ada sebagian orang yang menganggap tidur itu urusan yang tidak penting. Tidur merupakan hal alamiah yang pasti bisa dilakukan oleh siapa saja. Pandangan ini tidak benar dan sangat tidak berdasar. Tidur sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita, sama pentinga dengan olahraga serta diet.

Penelitian menunjukkan bahwa semua makhluk hidup memerlukan tidur. Tidur yang mengatur suasana dalam hati serta berkaitan dengan pembelajaran dan fungsi pada memori. Bukan hanya tidur cukup yang membantu mempelajari adanya keterampilan baru, tetaplah bekerja atau menjadi lebih produktif, mungkin pula menjadi faktor yang penting dalam kesehatan, berat badan juga tingkat energi.

Kebutuhan tidur individu berbeda-beda. Orang dewa biasanya membutuhkan antara 7-9 jam tidur per malam. Jika seseorang kehilangan waktu pada saat hendak tidur sehingga seseorang tidak cukup tidur, berarti kita menambah hutang tidur (akumulasi tidur yang hilang karena kebiasaan tidur yang tidak baik, penyakit, bangun karena adanya faktor lingkungan atau penyebab lain).

Akibatnya, hutang tidur mungkin membuat kita merasa mengantuk dan kurang waspada pada keesokan harinya. Dalam jangka panjang, kondisi ini akan mengganggu kesehatan secara umum dan merugikan orang yang bersangkun. Tidur sangatlah penting karena apa pun yang terjadi tidur tidak dapat digantikan dengan aktivitas atau makanan lainnya. Jadi perhatikanlah baik-baik jumlah waktu dan kualitas tidur kita masing-masing.

Ini Manfaat Untuk Otak Jika Anak Rutin Tidur Siang

Kualitas Tidur Menentukan Umur

Sebenarnya mitos ini tidak berkaitan secara langsung. Kualitas tidur kita tidak serta merta menentukan umur seseorang. Waktu tidur kita secara umun adalah 8 jam per hari atau sekitar sepertiga bagian dan kehidupan kita. Kualitas tidur sangatlah mempengaruhi kualitas hidup seseorang, menentukan usia seseorang, serta berdampak pada kehidupan manusia. Tidur yang baik adalah tidur yang berkualitas baik dan membuat seseorang terbangun dengan kondisi sehat dan fresh.

Kualitas tidur yang baik dipengaruhi oleh beberapa haL (a) lelap atau tidaknya tidur; (b) frequent arrousal sering atau tidaknya terbangun pada malam hari). Apabila seseorang sering terbangun pada waktu tidur dapat menyebabkan tubuh tidak segar, (C) kadar oksigen dalam tubuh saat saat tidur, terjadi pemulihan energi dan daya tahan pada tubuh, sel-sel kekebalan tubuh akan dibentuk, terjadi pembentukan pada sebagian hormon, seperti hormon pertumbuhan serta insulin. Apabila kadar oksigen saat tidur cukup dan memadai, akan membantu pemulihan kondisi tubuh.

Dengan demikian, dapat dimengerti bahwa orang yang memiliki kualitas tidur yang baik berarti memiliki kualitas hidup yang baik. Sebaliknya, bagi mereka yang memiliki kualitas tidur tidak baik akan rentan terkena penyakit sehingga pada khirnya harapan hidup (umur) menjadi lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang selalu sehat dan bugar.