Berikut 4 Tips Aman Belanja Aki Motor Agar Tidak Kecewa

Pernahkah Anda merasa ditipu mentah-mentah oleh bengkel atau toko sparepart usai belanja aki motor? Perasaan atau memang nyata menjadi korban penipuan ini tentu kerap dirasakan oleh pengguna sepeda motor. Dikatakan demikian karena belum lama membeli aki khusus motor tersebut ternyata langsung rusak, sehingga seumur jagung dan mengecewakan. Padahal harga aki ini oleh sebagian orang tidaklah murah bisa mencapai ratusan ribu untuk per buahnya.

Membeli aki baru untuk motor kesayangan memang tidak tepat kalau dilakukan secara sembarangan karena memang rentan rusak. Tidak menutup kemungkinan penjual aki ini memiliki stock yang sudah tersimpan lama di gudang namun setelah dicoba hasilnya masih bagus dan mendukung. Sebaliknya, kadang kala dijumpai kasus membeli aki yang tanggal produksinya baru beberapa minggu yang lalu ternyata sudah ngadat dan tidak bisa dipakai lagi. Kejadian ini memberi teguran bagi siapa saja agar lebih teliti dalam membeli aki.

Tips Aman Belanja Aki untuk Motor

Aki untuk kendaraan bermotor memang berukuran lebih kecil ketimbang aki untuk mobil, wajar saja karena kebutuhan energi listrik kedua jenis kendaraan ini berbeda. Ketika mengharapkan motor berfungsi dengan baik maka usahakan memberikan aki dengan kualitas yang juga baik agar awet dan kinerjanya memuaskan. Mendapatkannya ternyata tidak mudah meskipun penjual aki sudah banyak bahkan beberapa berjualan di situs jual beli online terpercaya, sehingga bisa dibeli melalui internet.

Agar bisa lega mendapatkan aki motor yang kualitasnya baik maka simak dulu beberapa tips aman membelinya berikut ini:

  1. Mengecek tegangannya,

Setiap kali membeli aki untuk motor pastikan dicoba dulu untuk mengetahui tegangannya masih normal di angka 12Volt atau tidak. Biasanya bengkel ataupun toko sparepart tempat Anda membeli aki menyediakan alat uji voltmeter sehingga bisa dicoba dulu sebelum dibayar. Sedangkan untuk posisi belanja online maka baiknya memilih penjual terpercaya dan menyediakan garansi supaya bisa ditukar kalau error.

  1. Pastikan kondisi fisiknya masih bagus,

Cek juga kondisi fisiknya sebab kalaupun tegangannya masih normal namun ada bagian yang retak bisa jadi umurnya pendek. Sebab sebagus-bagusnya aki adalah yang kondisinya masih mulus bebas cacat. Maka buka dulu kemasannya untuk memastikan fisik aki memang masih bagus supaya tidak mengecewakan. Sebelum dibeli memang baiknya dicek dengan baik, sehingga sejak awal Anda sudah bisa mengetahui aki yang tepat untuk dibawa pulang.

  1. Baiknya memilih merek aki terpercaya,

Langkah berikutnya adalah menimbang soal merek karena kalau merek akinya saja dikenal buruk otomatis akan berumur pendek. Baiknya tidak uji nyali dengan mengambil merek tersebut kalau tidak mau boros keluar uang dua kali atau lebih dalam jangka berdekatan sekedar membeli aki. Nah, pastikan mencari tahu dulu merek aki yang bagus apa saja dan pilih yang memang cocok untuk motor kesayangan dan harganya pun tidak membuat kantong kembang kempis.

  1. Beli di toko yang tepat,

Transaksi yang menguntungkan memang selalu mudah didapatkan kalau dilakukan di toko yang tepat, entah toko online maupun konvensional. Sebab dengan berkunjung ke toko terbaik Anda leluasa berkonsultasi dan memilih aki terbaik sekaligus menawar harga. Menariknya lagi nantinya akan diberi garansi supaya bisa mendapatkan aki dengan kualitas terbaik, awet dan tentunya menunjang kinerja mesin motor kesayangan. Maka cobalah mencari tahu penjual aki motor terbaik dan terpercaya dimana supaya tidak kecewa.