Bahaya! Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Anda Membeli Asuransi Mobil

Anda pasti sering mendengar kalimat ‘penyesalan selalu datang di akhir’. Ya, karena kalau di awal namanya bukan penyesalan, melainkan pendaftaran. Penyesalan pada bidang perasuransian sering dialami oleh beberapa orang. Penyesalan ini adakalanya diakibatkan karena kesalahan dari diri sendiri. Nah, agar Anda tidak menyesal setelah memiliki asuransi mobil, Anda harus menghindari 5 kesalahan ini saat membeli asuransi.

Pertama, tidak membaca dan memahami isi polis. Pernah lihat orang marah-marah karena merasa perbaikan mobil tidak sesuai dengan harapannya? Padahal, ini bisa diakibatkan karena dia tidak memahami isi polis. Malu? Sudah pasti. Agar kejadian ini tidak menimpa Anda, minimal Anda tahu produk dan manfaat apa yang diterima, serta berapa persentase perbaikan mobil jika Anda mengalami kerusakan/ kerugian akibat kecelakaan atau pencurian.

Kedua, tidak memperhatikan ilustrasi. Tujuan ilustrasi ialah untuk mempermudah Anda dalam memahami produk asuransi yang ditawarkan. Sama seperti kesalahan pertama, Anda tentu akan mendapatkan malu jika tidak memahami ilustrasi asuransi saat mengalami risiko keruskan pada mobil Anda. Olah emosi itu penting dan bersabar saat pengurusan klaim demi kembalinya mobil seperti sediakala (sebelum mengalami kerusakan).

Ketiga, tidak jujur saat wawancara. Salah satu aturan dalam klaim ialah mewawancarai Anda mengenai penyebab mobil Anda rusak atau hilang. Mobil Anda bisa kembali mulus apabila pengemudi saat kejadian kecelakaan memiliki SIM dan surat-menyurat mobil lengkap, serta akibat terjadinya kecelakaan bukan karena kelalaian pengemudi (parkir sembarangan atau bahkan mabuk). Jika tidak jujur, maka bersiaplah berurusan dengan hukum.

Keempat, tidak konsultasi dengan mitra. Sekadar harga premi yang murah atau besarnya uang pertanggungan tentu tidak cukup untuk dijadikan acuan. Produk asuransi memiliki banyak kelebihan pasti terselip kekurangan. Oleh sebab itu konsultasikan terlebih dahulu sebelum membeli. Sangat disarankan untuk membeli asuransi dari mitra yang paham dengan produk yang ditawarkannya. Carilah mitra yang profesional agar tidak menyesal.

Kelima, tidak mencatat nomor mitra. Mitra berkewajiban melayani nasabahnya. Jika Anda kesulitan menghubungi call center, maka mitra-lah sebagai penghubung saat Anda mengalami kerusakan/ kehilangan pada mobil. Oleh sebab itu, Anda perlu untuk mencatat nomor keagenan serta semua saluran komunikasi yang digunakan mitra. Segala hal yang berhubungan dengan asuransi mobil, dapat Anda keluhkan kepadanya.

Hindari 5 kesalahan beli asuransi mobil di atas agar Anda tidak mengalami rasa malu dan penyesalan berkepanjangan. Selain itu belilah asuransi dari mitra profesional, seperti Mitra Garda Oto. Garda Oto memberikan perlindungan menyeluruh untuk mobil Anda. Tidak hanya mitra, tapi seluruh tenaga kerja ialah tenaga profesional yang siap melayani Anda sepenuh hati. Peace of mind!