4 Cara Mudah Menghilangkan Bau Badan

Setiap orang tentu memiliki bau badan, yang akan dikeluarkan pada saat tertentu terutama saat berkeringat. Namun ada beberapa orang yang tiba-tiba memiliki bau badan yang cukup tajam hingga mengganggu orang-orang disekitarnya. Bagi kita yang menciumnya tentu akan sangat tidak nyaman berada didekat orang seperti itu, namun cukup susah untuk memberi tahunya karena masalah seperti ini merupakan masalah yang cukup sensitif untuk dibicarakan secara terang-terangan kepada sebagian orang.

Bau badan memang bukan masalah yang mengerikan, namun hal ini sangat mengurangi kepercayaan diri kita. Banyak orang yang berusaha menutupi bau badannya, mulai menggunakan deodoran atau parfum. Sayangnya penggunaan produk seperti itu terkadang bukan menjadi jalan keluar yang bagus, karena seperti yang kita tahu parfum dan deodoran hanya bersifat sementara, yang harumnya bisa hilang dalam beberapa jam.

Untuk Anda yang bingung mengatasi bau badan yang sangat menyebalkan ini, kali ini tips kesehatan akan memberikan beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau badan. Untuk dapat menghilangkan bau badan, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kapan bau badan itu muncul. Bau badan sering disebabkan juga karena mandi yang kurang bersih atau malah jarang mandi yang menyebabkan keluarnya bau tidak sedap dari kelenjar apokrin yang terletak di ketiak, sekitar kelamin dan sekitar puting. Begitu pula dengan kelenjar ekrin yang ada di tangan, ketiak dan kaki ketika berinteraksi dengan bakteri.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bau badan dan mengurangi keringat berlebih.

  1. Mencukur Ketiak

Rambut diketiak bisa membuat area sekitarnya menjadi lembab untuk bakteri, selain itu rambut-rambut diketiak juga dapat memperlambat proses ovaporasi keringan. Cukurlah rambut ketiak Anda secara teratur agar tidak ada bakteri yang terperangkap disana yang dapat menciptakan bau badan.

  1. Mengganti Sepatu

Sumber lain bau badan adalah kaki yang sering menggunakan sepatu. Mengganti sepatu yang sering digunakan dapat membuat sepatu terpapar udara sehingga mencegah bau terkonsentrasi pada sepatu itu. Cara ini juga dapat mengurangi bakteri yang ada disepatu. Jika Anda memiliki beberapa sepatu, gunakan secara bergantian setelah beberapa hari sekali, dan jemur atau cuci sepatu yang lain agar tidak berbau.

  1. Pakai Cuka

Anda bisa memanfaatkan cuka untuk membantu menurunkan dan menetralkan kadar pH di kulit sehingga mengurangi bakteri penyebab bau, Anda bisa menggunakan cuka apel maupun cuka putih untuk hal ini. Anda bisa mencoba memercikkan cuka ke area ketiak setelah mandi, tetapi jangan setelah Anda mencukur rambut ketiak. Cara ini juga aman selama kulit Anda tidak memiliki luka terbuka ata lecet.

  1. Gunakan Witch Hazel

Tea tree oil dan witch hazel merupakan alat sterilisasi alami yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa mengoleskannya pada ketiak untuk mendapatkan fungsi antiseptiknya dan dapat menurunkan kadar pH kulit Anda sehingga bakteri tidak akan bertahan.

Anda bisa langsung mengoleskan witch hazel ini pada ketiak layaknya deodoran. Dan untuk Anda yang berkeringat, Anda bisa mengoleskan witch hazel ini setidaknya empat kali sehari.